Rabu, 13 November 2013

IBD : MANUSIA DAN PENDERITAAN

MAKALAH
ILMU BUDAYA DASAR
MANUSIA DAN KEINDAHAN

Nama Kelompok :
Dellina Rizki Azhari (22213152)
Indri Yunia Sara (24213408)
Reynaldo Rizky Hamonangan (272123486)
Putri Intan Prafanda (27213011)
Octavia Berliana Dolok Saribu (26213752)
Tiara Eka Wahyu Pratiwi (28213890)


1EB23

FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2013

 
 
Kata Pengantar

Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan karunianya, sehingga penulis dapat menyelesaikan Makalah Ilmu budaya dasar yang bertuliskan tentang manusia dan cinta kasih.

Manusia dan cinta kasih ini merupakan salah satu mata kuliah ilmu budaya dasar di Universitas Gunadarma.

Dengan makalah ini ,tidak terlepas dari bantuan banyak pihak yang telah memberikan masukan-masukan kepada kami.

Kami menyadari bahwa masih banyak kekurangan dari makalah ini, baik dari materi maupun teknik penyajiannya, mengingat kurangnya pengetahuan dan pengalaman penulis. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun sangat penulis harapkan.
 
Bekasi, 08 Nopember 2013




                                                                          Penulis 
 
 
Daftar Isi 
 
  • Pengertian Penderitaan
  • Siksaan
  • Kekalutan Mental
  • Penderitaan dan Perjuangan
  • Penderitaan, Media massa dan Seniman
  • Penderitaan dan Sebab-sebabnya
  • Pengaruh Penderitaan
 
 
 

Manusia Dan Penderitaan


I.        Pengertian Penderitaan
       Apa itu arti pederitaan? Menurut KBBI penderitaan itu adalah keadaan yang menyedihkan yang harus ditanggung seseorang, biasanya penderitaan itu ada beberapa bagian yaitu berat maupun ringan, tetapi sesungguhnya penderitaan itu umumnya semua adalah ringan jika kita selalu berpegang kepada-Nya, dan percaya kalau semuanya itu ada jalan keluar. Yang mengalami penderitaan itu disebut dengan penderita, biasanya jika si penderita itu mengalami penderitaan maka dia akan menahan semua segala beban yang dia alami.
      Setiap manusia pasti pernah mengalami yang namanya penderitaan, jadi tidak salah jika seorang mengalami masa masa terpuruk, stress dan lain sebagainya. Salah satu contoh penderitaan dalam kehidupan sehari hari adalah seorang anak yang mengalami ketakutan.
     Dalam kitab-kitab suci banyak dibicarakan tentang penderitaan dan teguran agar kita semakin kuat dalam menghadapi penderitaan itu. Tuhan itu adil, dan tuhan tahu apa yang terbaik bagi kita jadi intinya penderitaan itu semua terasa ringan jika kita percaya semuanya tidak monoton.

II.        Siksaan
Siksaan itu berarti penderitaan sebagai hukuman atau perlakuaan sewenang-wenangnya yang dilakukan seseorang kepada orang lain baik secara fisik maupun psikis. Contoh dari siksaan psikis adalah

1.   Kebimbangan
Setiap orang pasti sering mengalami kebimbangan, tak adapun dimuka bumi ini yang tidak pernah mengalami yang namanya kebimbangan , contohnya dalam mengambil keputusan seseorang pasti akan tersiksa dalam mengambil keputusan yang sangat berat, apalagi keputusan tersebut menyangkut masa depan, bahkan kematian. Contohnya seorang anak yang setelah lulus SMA yang bingung dalam mengambil keputusan melanjut kejenjang yang lebih tinggi atau jadi pengangguran dan kerja dalam masa muda, hal ini juga saya alami dalam kehidupan saya.
2.  Kesepian
Kesepian disini bukan diartikan seseorang yang tinggal dihutan maupun tinggal ditempat yang tidak ada penghuninya tetapi seseorang yang mengalami kesepian didalam keramaian, sebaiknya kesepian harus segera diatasi agar kita tidak mengalami penderitaan batin dan biasanya kita membutuhkan sesesorang yang dapat diajak berkomunikasi dan menghayati kesepian yang kita alami.
3.  Ketakutan
Ketakutan adalah sifat yang umum dimiliki seseorang tetepi jika rasa takut itu berlebihan itu bisa menyiksa batin orang tersebut dan bisasanya tekut yang berlebihan itu disebut dengan Phobia. Seseorang bisa saja phobia terhadap ular, boneka, bunga dan lain sebagainya.

Phobia dapat disebabkan oleh beberapa hal, contohnya adalah sebagai berikut
-         Claustrophobia dan Agoraphobia
Claustrophobia adalah takut terhadap ruangan tertutup, Agoraphobia sebaliknya yaitu ketakutan berada ditempat terbuka
-         Gemang                      
          Ketakutan bila seorang di tempat tinggi

-         Kegelapan
Ketakutan bila seseorang yang takut dalam tempat yang gelap

-         Kesakitan dan Kegagalan
Seseorang yang takut karena sakit yang dialami dan seseorang yang takut jika yang dilakukan akan gagal.

III.        Kekalutan mental
Kekalutan mental adalah penderitaan batin atau kekalutan mental adalah gangguan psikis seseorang karena tidak mampu menghadapi masalah yang harus diatasi sehingga ia bertindak secara kurang ajar.
1. Gejala-gejala Kekalutan mental adalah
ü  sering mengalami pusing, sesak napas, demam, nyeri pada lambung
ü  Kelihatan dari jiwanya sering mengalami Cemas, ketakutan, patah hati mudah marah dan cemburu
2. Tahap-Tahap gangguan kejiwaan
ü  kelihatan gejala-gejala kehidupan si penderita bisa jasmani maupun rohani
ü  mempertahankan diri dengan cara negatif
3. Sebab Timbulnya kekalutan Mental.yaitu
ü  kepribadian yang lemah
ü  terjadi konflik sosial budaya
ü  cara pematangan batin yang salah dengan memberikan reaksi yang berlebihan terhadap kehidupan sosial atau overacting

IV.        Penderitaan Dan Perjuangan
     Penderitaan pasti dialami setiap orang dan penderitaan itu adalah suatu kejadian yang harus kita alami dan semua itu tergantung kepada kita masing masing bagaimana cara mengatasi penderitaan tersebut. Sudah menjadi konsekwensi smanusia ntuk hidup dan mengalami penderitaan, dan manusia dilahirkan bukan

     untuk bahagia saja tetapi juga mengalami yang namanya penderitaan. Pasti setiap orang berjuang dalam mengatasi penderitaan tersebut dan itu dia kita harus berjuang dan tidak membiarkannya dan juga berdoa kepadanya.

V.        Penderitaan, Media masa dan Seniman
     Dalam dunia modern sekarang ini kemungkinan terjadi penderitaan itu lebih besar. Hal ini telah dibuktikan oleh kemajuan teknologi dan sebagiannya menyejahterakan manusia dan sebagian lainnya membuat manusia menderita. Beberapa sebab lain yang menimbulkan manusia ialah kecelakaan, bencana alam dan lainnya. Contoh jatuhnya pesawat sukhoi di gunung salak bogor, tsunami di aceh, dan gempa bumi di jogjakarta.
     Media massa adalah alat komunikasi yang paling tepat untuk memberitahu kepada masyarakat tentang bencana atau penderitaan diseluruh kota yang diliput.


VI.        Penderitaan Dan Sebab-Sebabnya
Berikut akan disebutkan penderitaan dan penyebabnya
 -         Penderitaan yang terjadi karena perbuatan manusia
Biasanya ini terjadi akibat perbuatan yang buruk  dilakukan kepada orang lain, tetapi nasib ini bisa diperbaiki agar mrnjadi baik jadi manusia lah yang bisa memperbaiki dan nasib buruk itu manusia penyebabnya
1. Orang tua yang tega membunuh anaknya sendiri karena faktor keuangan, ketidak sempurnaan fisik anak dan lain sebagainya.
2. Akibat bencana alam banyak manusia yang mengalami gangguan kesehatan dan ada pula yang meninggal dunia karena bencana tersebut.
3. Penganiayaan terhadap pembantu sendiri dikarenakan kerja yang kurang memuaskan.


-         Penderitaan yang timbul karena penyakit, siksaan Tuhan
Penderitaan juga dapat terjadi karena penyakit, siksaan / azab Tuhan. Kesabaran, tawakal dan optimisme merupakan usaha manusia untuk mengatasi penderitaan tersebut. Banyak contoh kasus penderitaan semacam ini antara lain :
1. Lahirnya seorang bayi tanpa tangan dan kaki bahkan ada yang lahir kembar hanya memiliki satu organ jantung dan ada pula yang tidak bisa melihat.
2. Seorang ibu yang berjuang hidup dengan k:ecacatan fisik demi membiayai hidup anak-anaknya.
3. Anak jalanan yang disiksa oleh petugas satpol pp hingga mengalami kematian.


VII.        Pengaruh Penderitaan
     Pengaruh dari pendeeritaan itu mungkin akan dialami seseorang baik itu positif maupun negatif, contoh sikap negatif contohnya adalah penyesalan karena tidak bahagia, sikap kecewa, putus asa, ingin bunuh diri.
     Berpikir positif dan bertindak positif adalah hal optimis untuk mengatasi penderitaan hidup bahwa hidup ini bukan sebuah penderitaan melainkan perjuangan untuk membebaskan dari penderitaan. Biasanya orang yang bersikap positif kreatif dan tidak mudah menyerah.




                     

DAFTAR PUSTAKA




     

 
 
 

 



0 komentar:

Posting Komentar

 

TIARA'S ZONEEEEE!!!!!! Template by Ipietoon Cute Blog Design