Kamis, 09 Maret 2017

REVIEW JURNAL 10 ( PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN MANAJERIAL)

REVIEW JURNAL 10 ( PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN MANAJERIAL)



Nama Jurnal

Jurnal Akuntansi & Ekonomi FE. UN PGRI Kediri
Volume / Halaman

Vol. 1 No.1 / 39-47
Nama Penulis

Eryska Ramayanti dan Eni Srihastuti
Judul Jurnal

Analisis Sistem Pengendalian Manajemen Untuk Meningkatkan Efisiensi, Efektivitas dan Ekonomisasi (Studi Kasus pada Koperasi Simpan Pinjam Niaga Central Abadi Wates Kediri )

Tanggal Jurnal

September 2016
Tujuan Penelitian

Untuk mengetahui pengaruh sistem pengendalian manajemen terhadap efisiensi, efektivitas dan ekonomisasi secara parsial maupun secara simultan.

Metode Penelitian

Pengumpulan sampel menggunakan cara purposive sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer hasil studi lapangan berupa data pemasaran/realisasi kredit tahun 2013-2015.
Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Dengan menggunakan program SPSS V.17.

Variabel Penelitian

Variabel bebas : sistem pengendalian manajemen
Variabel terikat : efisiensi, efektivitas, ekonomisasi

Hasil Penelitian

1. Hasil uji normalitas menunjukkan hasil analisis untuk variabel sistem pengendalian manajemen berdistribusi normal. Hasil analisis untuk variabel efisiensi dan ekonomisasi tidak berdistribusi normal.

2. Hasil uji multikolinieritas menunjukkan bahwa nilai VIF sebesar 1,000 maka tidak terjadi multikolinearitas.

3. Hasil uji multikolinieritas menunjukkan bahwa titik–titik menyebar secara acak dan tidak membentuk pola tertentu serta tersebar maka tidak terjadi hiteroskedastisitas.

4. Hasil pengujian Durbin-Watson menujukkan masih terdapat autokorelasi antara sistem pengendalian manajemen dan efektivitas.

5. Pengujian koefisien determinasi menunjukkan nilai R2= 0,547.

6. Hasil uji t variabel efisiensi diperoleh dari nilai t hitung = 2,692 > t tabel = 0,677 dan nilai signifikasi (sig) = 0,036 < 0,05.
Hasil uji t variabel efektivitas diperoleh dari nilai t hitung = 3,793 > t tabel = 0,677 dan nilai signifikasi (sig) = 0,009 < 0,05.
Hasil uji t variabel ekonomisasi diperoleh dari nilai t hitung = 1,398 > t tabel = 0,677 dan nilai signifikasi (sig) = 0,212 > 0,05.

Kesimpulan Penelitian

1. Variabel sistem pengendalian manajemen berpengaruh positif dan signifikan terhadap efisiensi pada KSP Niaga Central Abadi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa apabila suatu organisasi dapat menerapkan sistem pengendalian manajemen dengan baik dan terorganisir di setiap pusat pertanggungjawaban, maka dapat meningkatkan efisiensi perusahaan tersebut.

2.  Variabel sistem pengendalian manajemen berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas pada KSP Niaga Central Abadi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa apabila suatu organisasi dapat menerapkan sistem pengendalian manajemen dengan baik dan terorganisir di setiap pusat pertanggungjawaban, maka dapat meningkatkan efektivitas perusahaan tersebut.

3.  Variabel sistem pengendalian manajemen tidak berpengaruh signifikan terhadap ekonomisasi pada KSP Niaga Central Abadi. Hal ini disebabkan karena sistem pengendalian manajemen tidak termasuk faktor yang mempengaruhi ekonomisasi.

Pendapat Mengenai Jurnal
1. Pentingnya sistem pengendalian manajemen sebagai alat untuk mengontrol kegiatan perusahaan maka hendaknya KSP Niaga Cental Abadi lebih fokus terhadap kegiatan apa saja yang perlu dikendalikan guna mencapai tujuan perusahaan. Dalam hal ini khususnya kegiatan pemasaran koperasi.

2. Kegiatan sistem pengendalian manajemen yang baik hendaknya dapat digunakan untuk meningkatkan 3E (efisiensi, efektivitas dan ekonomisasi). 3 E merupakan hal yang sangat penting, jika perusahaan dapat memanfaatkan ketiga hal tersebut maka kemungkinan perusahaan untuk mecapai tujuannya juga semakin besar.


0 komentar:

Posting Komentar

 

TIARA'S ZONEEEEE!!!!!! Template by Ipietoon Cute Blog Design