Kamis, 09 Maret 2017

REVIEW JURNAL KE 5 (PELAPORAN DAN PENGUNGKAPAN)


REVIEW JURNAL KE 5 (PELAPORAN DAN PENGUNGKAPAN)


Nama Jurnal

Jurnal Akuntasi
Volume / Halaman

-
Nama Penulis


 Retno Endah Puspitasari
Judul Jurnal


Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan Corporate  Social Responsibility dan Good Corporate Governance  Sebagai Variabel Pemoderasi
(Sensus Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia)
Tanggal Jurnal

-
Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian adalah untuk menemukan bukti empiris tentang Pengaruh kinerja keuangan ROE terhadap nilai perusahaan; Pengaruh pengungkapan CSR terhadap hubungan antara ROE dan nilai perusahaan ; Pengaruh kepemilikan manajerial terhadap hubungan antara ROE dan nilai perusahaan.
Metode Penelitian

Analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana untuk hipotesis 1 dan analisis regresi linear berganda dengan uji Moderated Regression Analysis ( MRA ) untuk hipotesis 2 dan 3. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia dalam rentang tahun 2007 - 2009. Sampel penelitian adalah sebanyak 37 perusahaan dengan 111 observasi.
Variabel Penelitian

    1.     Variabel independen, yaitu kinerja keuangan diukur dengan ROE
    2.   Variabel dependen, yaitu nilai perusahaan di ukur dengan Tobins’ Q
    3.   Variabel Pemoderasi, meliputi 2 hal yaitu Pengungkapan Corporate social responsibility dan Good Corporate Governance diproksikan dengan kepemilikan manajerial

Hasil Penelitian

Hasil penelitian dengan analisis regresi linear menunjukkan bahwa ROE berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Sedangkan analisis variabel moderating dengan metode MRA menunjukkan bahwa pengungkapan CSR tidak mampu memoderasi hubungan antara ROE terhadap Nilai perusahaan Kepemilikan manajerial juga bukan merupakan variabel moderating yang mampu memoderasi hubungan antara ROE dan nilai perusahaan .
Kesimpulan Penelitian

Kesimpulan Penelitian ini menunjukan bahwa
Kinerja keuangan berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan.; Pengungkapan Corporate Sosial Responsibility tidak memoderasi hubungan antara Kinerja Keuangan terhadap Nilai Perusahaan. Diduga adanya UU Perseroan Terbatas No 40 Tahun 2007 merupakan indikasi pengungkapan CSR bukan merupakan variabel moderating, karena investor merasa tidak perlu melihat pengungkapan CSR yang dilakukan oleh perusahaan, karena perusahaan pasti akan melaksanakan CSR jika tidak menginginkan adanya sanksi perundang-undangan. ; Pengungkapan Good Corporate Governance tidak memoderasi hubungan antara Kinerja Keuangan terhadap Nilai Perusahaan, Diduga terjadi adanya management entrenchment, yang menyatakan kepemilikan insider yang tinggi akan berdampak pada kecenderungan manajer untuk bertindak demi kepentingannya sendiri, dikarenakan hak voting dan bargaining power yang semakin tinggi yang dimiliki oleh insider dalam penentuan kebijakan sehingga mengakibatkan pemilik tidak mampu menjalankan mekanisme control dengan baik, hal ini akan menyebabkan turunnya nilai perusahaan karena tidak terjadi ketidaksamaan kepentingan antara manajer dan pemilik yaitu pemegang saham minoritas.

Pendapat Mengenai Jurnal
Menurut pendapat saya jurnal ini bagus, materi yang diangkat juga menarik. Penelitian selanjutnya hendaknya menambah jumlah sampel penelitian dan juga melibatkan sektor industri yang lain agar mencerminkan reaksi dari pasar modal secara keseluruhan. Penelitian selanjutnya dapat menggunakan proksi kinerja keungan dan proksi GCG yang lain, misalnya leverage,Earning Per Share, ROA, dewan komisaris, komisaris independen, komite audit atau kriteria lain yang telah ditetapkan. Dan untuk penelitian selanjutnya dapat menggunakan profitabilitas, nilai tukar rupiah atau komitmen organisasi sebagai variabel pemoderasi.

0 komentar:

Posting Komentar

 

TIARA'S ZONEEEEE!!!!!! Template by Ipietoon Cute Blog Design