Kamis, 09 Maret 2017

REVIEW JURNAL 9 (ANALISIS LK INTERNASIONAL)

REVIEW JURNAL  9 (ANALISIS LK INTERNASIONAL) 


Nama Jurnal

Jurnal Dinamika Manajemen
Volume / Halaman

Vol. 1 No.3 / 153 – 168
Nama Penulis

Tan Sau Eng
Judul Jurnal

Pengaruh NIM, BOPO, LDR, NPL & CAR terhadap ROA
Bank Internasional dan Bank Nasional Go Public Periode 2007 – 2011

Tanggal Jurnal

Juli – September 2013
Tujuan Penelitian

1. Untuk mengetahui perkembangan NIM, BOPO, LDR, NPL, CAR dan ROA Bank Internasional dan Bank Nasional yang telah go public.

2. Untuk menganalisis pengaruh NIM, BOPO, LDR, NPL dan CAR secara parsial dan simultan terhadap profitabilitas Bank Internasional dan Bank Nasional yang telah go public.

Metode Penelitian

Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan SPSS 16.0 for windows. Adapun alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan melakukan uji asumsi klasik terlebih dahulu.

Variabel Penelitian

Variabel Bebas : Capital Adequacy Ratio (CAR), Operational Efficiency (BOPO), Net Interest Margin (NIM), Non Performing Loan (NPL) and Loan to Deposit Ratio (LDR).

Variabel Terikat : Return On Asset (ROA).
Hasil Penelitian

1. Hasil uji F menunjukkan bahwa variabel independen secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhapap variabel dependen, tercermin dari nilai F yang sebesar 19.212 dengan signifikansi 0,000.

2. Dari hasil pengujian, diperoleh nilai koefisien regresi NIM sebesar +0,429 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Dengan demikian, NIM memiliki pengaruh signifikan terhadap ROA.

3. Dari hasil penelitian diperoleh nilai koefisien regresi BOPO sebesar +0,002 dengan nilai signifikansi sebesar 0,789. Dengan demikian, BOPO tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap ROA.

4. Dari hasil penelitian diperoleh nilai koefisien regressi LDR sebesar -0,019 dengan nilai signifikansi sebesar 0,020. Dengan demikian, LDR memiliki pengaruh signifikan terhadap ROA.

5. Dari hasil penelitian diperoleh nilai koefisien regressi NPL sebesar -0,293 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Dengan demikian, NPL memiliki pengaruh signifikan terhadap ROA.

6. Dari hasil penelitian diperoleh nilai koefisien regressi CAR sebesar +0,063 dengan nilai signifikansi sebesar 0,110. Dengan demikian, CAR tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap ROA.

7. Nilai koefisien NIM + 0,429 merupakan koefisien yang tertinggi dibandingkan dengan koefisien variable lainnya.

Kesimpulan Penelitian

1. NIM, BOPO, LDR, NPL & CAR secara bersama-sama memiliki
pengaruh yang signifikan terhadap terhadap ROA.

2. NIM, LDR, dan NPL memiliki pengaruh signifikan terhadap Return on Asset. Sedangkan BOPO dan CAR tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Return on Asset.

3. Diantara ke-5 variabel independen tersebut (NIM, BOPO, LDR, NPL dan CAR), NIM merupakan variabel yang dominan pengaruhnya terhadap ROA Bank Internasional dan Bank Nasional yang telah go public.

Pendapat Mengenai Jurnal
Penelitian ini menunjukkan bahwa pendapatan utama bank masih berasal dari selisih bunga. Sebagaimana telah diajarkan oleh semua agama bahwa bunga itu riba dan riba itu haram. Maka hendaknya perbankan mengubah sistem yang ada. Caranya yaitu dengan mengizinkan bank dan semua lembaga keuangan untuk melakukan jual beli dengan komoditas barang dan jasa serta melakukan bisnis riil. Yang demikian itu akan lebih bisa menyelamatkan bank dari riba.


0 komentar:

Posting Komentar

 

TIARA'S ZONEEEEE!!!!!! Template by Ipietoon Cute Blog Design