Kamis, 09 Maret 2017

REVIEW JURNAL 8 (STANDAR AUDIT & AKUNTANSI GLOBAL)

REVIEW JURNAL 8 (STANDAR AUDIT & AKUNTANSI GLOBAL)

Nama Jurnal

Simposium Nasional Akuntansi
Volume / Halaman

Hal 23-47
Nama Penulis

R.Nelly Nur Apandi
Judul Jurnal

Relevansi Nilai, Subjektifitas Other Comprehensive Income dan Kualitas Audit
Tanggal Jurnal

16-19 September 2015
Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui :
1) Pengaruh antara Net Income terhadap Return saham yang diperkuat kualitas audit.
 2) Pengaruh antara Other Comprehensive Income terhadap Return saham yang diperkuat oleh kualitas audit.
 3) Perbedaan pengaruh antara komponen OCI yang memiliki subjektifitas tinggi dan subjektifitas rendah terhadap return saham yang diperkuat kualitas audit.
Metode Penelitian

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini menggunakan model penelitian yang dikembangkan oleh Lee & Park (2013) dengan menggunakan OLS regression model.
Variabel Penelitian

    1.      Variabel Bebas = Net Income, Other Comprehensive Income, Komponen OCI dengan Subjektifitas Tinggi, dan Komponen OCI dengan Subjektifitas Rendah
     2.      Variabel Terikat =  Return Saham
     3.      Variabel Moderator = Kualitas Audit
   4.    Variabel Kontrol = Total Assets, MTBV (Market To Book Value)
Hasil Penelitian

Hasil penelitian tidak dapat membuktikan hipotesis yang telah ditetapkan, hanya net income yang berpengaruh terhadap return saham dan pengaruh net income terhadap return saham juga diperkuat oleh kualitas audit.
Kesimpulan Penelitian

a.    Net Income berpengaruh positif terhadap return saham yang diperkuat oleh kualitas audit. Hal ini menunjukan bahwa nilai net income yang diaudit oleh KAP big four memiliki pengaruh yang lebih kuat terhadap return saham dibandingkan dengan perusahaan yang diaudit oleh KAP non big four.
b.    Pengaruh Other Comprehensive Income terhadap return saham tidak diperkuat oleh kualitas audit. Hal ini menunjukan bahwa nilai other comprehensive income yang telah diaudit oleh KAP dengan reputasi tinggipun tidak memiliki nilai relevansi bagi para pengguna informasi untuk membuat keputusan investasi.
c.    Komponen Other Comprehensive Income yang memiliki nilai subjektifitas tinggi dan yang memiliki nilai subjektifitas rendah tidak memiliki pengaruh positif terhadap return saham. Sehingga perbedaan pengaruh diantara keduanya tidak dapat dibuktikan.
Pendapat Mengenai Jurnal
Menurut kelompok kami, jurnal penelitian ini sudah cukup baik. Namun, bagi peneliti selanjutnya yang tertarik untuk melakukan penelitian yang sama dapat mengkaji lebih lanjut mengenai relevansi dari nilai other comprehensive income dengan menambah sampel penelitian pada negara lainnya karena terbatasnya jumlah data yang ada mengenai nilai OCI pada pasar modal di Indonesia menyebabkan penelitian ini tidak dapat menggambarkan secara menyeluruh mengenai relevansi nilai OCI. Peneliti selanjutnya juga dapat melakukan penelitian dengan melakukan komparasi pada negara yang melakukan proses adopsi IFRS secara langsung dan secara konvergensi yang dilakukan seperti di Indonesia mengenai relevansi dari komponen OCI.
.

0 komentar:

Posting Komentar

 

TIARA'S ZONEEEEE!!!!!! Template by Ipietoon Cute Blog Design