Kamis, 09 Maret 2017

REVIEW JURNAL 11 (MANAJEMEN RISIKO KEUANGAN)

REVIEW JURNAL 11 (MANAJEMEN RISIKO KEUANGAN)


Nama Jurnal

Jurnal SMARtek
Volume / Halaman

Vol. 9 No. 1. Pebruari 2011: 39 - 46
Nama Penulis

Mastura Labombang
Judul Jurnal

MANAJEMEN RiSIKO DALAM PROYEK KONSTRUKSI
Tanggal Jurnal

Februari 2011
Tujuan Penelitian

Tujuan dari studi ini adalah untuk mengetahui tentang manajemen risiko pada proyek konstruksi.
Metode Penelitian

Metode yang digunakan adalah studi literatur tentang manajemen risiko pada proyek konstruksi dengan mengacu kepada teori-teori yang relevan.
Variabel Penelitian

-
Hasil Penelitian

Hasil studi menunjukkan bahwa manajemen risiko sangat penting dilakukan bagi setiap proyek konstruksi untuk menghindari kerugian atas biaya, mutu dan jadwal penyelesaian proyek. Melakukan tindakan penanganan yang dilakukan terhadap risiko yang mungkin terjadi (responrisiko) dengan cara : menahan risiko (risk retention), mengurangi risiko (risk reduction), mengalihkan risiko (risk transfer), menghindari risiko (risk avoidance).
Kesimpulan Penelitian

a)      Manajemen risiko merupakan pendekatan yang dilakukan
terhadap risiko yaitu dengan memahami, mengidentifikasi dan mengevaluasi risiko suatu proyek.
b)      Penilaian risiko yang dilakukan meliputi : Identifikasi risiko, memahami kebutuhan atau mempertimbangkan risiko, menganalisis dampak dari risiko tersebut/evaluasi risiko, menetapkan siapa yang bertanggung jawab terhadap risiko tertentu (alokasi risiko).
c)      Melakukan tindakan penanganan yang dilakukan terhadap risiko yang mungkin terjadi (respon risiko) dengan cara : menahan risiko (risk retention), mengurangi risiko (risk reduction), mengalihkan risiko (risk transfer), menghindari risiko (risk
avoidance).
Pendapat Mengenai Jurnal
Dalam jurnal tersebut sudah cukup bagus penjelasannya yaitu  mengenai manajemen resiko suatu proyek agar dapat menghindari kerugian atas biaya ,mutu dan jadwal proyek. Pada metode penelitian sebaiknya peneliti harus lebih jelas lagi metode apakah yang digunakan dan bagaimana cara menganalisisnya dan menggunakan alat apakah agar kita bisa tau cara memanajemen resiko dengan baik.

0 komentar:

Posting Komentar

 

TIARA'S ZONEEEEE!!!!!! Template by Ipietoon Cute Blog Design